• About
  • Parent Page
  • Archives
  • Uncategorized
  • Perangkat Keras Internet



    KATA PENGANTAR
    Assalamualaikum Wr. Wb.
                Pertama-tama kami panjatkan rasa syukur atas kehadirat Allah swt. Karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Perangkat Keras Internet” sebagai analisis untuk mengetahui perangkat keras untuk akses internet.
                Shalawat serta salam tak lupa senantiasa dihaturkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad saw. yang telah menghantarkan kita umat manusia dari alam kegelapan menuju alam terang benderang yang penuh dengan cahaya islam, keimanan dan cinta kasih terhadap sesama umat.
                Kami menyadari, bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat berguna bagi penyusunan dan penyempurnaan selanjutnya. Selain itu, ucapan terima kasih kami haturkan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Dengan adanya makalah ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Amin Ya Rabbal Alamin .....
    Wasalamualaikum Wr. Wb. 

    DAFTAR ISI

    KATA PENGANTAR…………………………………………………………....1
    DAFTAR ISI   …………………………………………………………………....2
    BAB I             PENDAHULUAN………………………………………………...3
    A.    Latar Belakang………………………………………………..3
    B.     Rumusan Masalah…………………………………………….3
    BAB II            PEMBAHASAN………………………………………………….4
    1.1.  Seluk Beluk dan Perkembangan Internet……………………..4
    1.2.   Mendeskripsikan Fungsi Perangkat Keras Yang Digunakan Untuk Akses Internet ………………......................................15
    1.3.   Deskripsi  Peran  Internet  Service  Provider (ISP)….…........22
    1.4.   Mendeskripsikan User ID dan Password…………….............26
    1.5.   Setup Modem Dan Dial Up………………………………….31
    BAB III          PENUTUP……………………………………………………….36
    A.    Kesimpulan…………………………………………………..36
    B.     Kritik dan Saran……………………………………………...36
    DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………...37




    BAB I
    PENDAHULUAN
    A.    Latar Belakang
    Zaman sekarang kebutuhan manusia dalam akses data semakin meningkat, ini disebabkan adanya pola pergeseran hidup manusia kearah yang lebih berkembang. Dengan pemanfaatan komputer hal ini dapat terfasilitasi dengan cepat. Akibatnya akan terjadi keefisienan waktu, biaya, dan resource, sehingga akan menghasilkan output yang optimal. Disisi lain kebutuhan akan akses data itu terhalangi oleh adanya jarak dan waktu, tekadang kita membutuhkan akses informasi menggunakan internet. Dengan pengetahuan akan perangkat keras untuk akses internet akan sangat membantu kita dalam mendapatkan infornasi yang kita butuhkan dengan efektif.

    B.     Rumusan Masalah
    Berdasarkan latar belakang maka rumusan masalah dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut “Apa saja yang termasuk perangkat keras untuk mengakses internet dan fungsinya?”.


    BAB II
    PEMBAHASAN
    1.1.   Seluk Beluk dan Perkembangan Internet
    A.    Sejarah Internet
    1.       Pengertian Internet
    Internet dideskripsikan sebagai sebuah jaringan dari jaringan-jaringan, yang menggabungkan komputer pemerintah, universitas dan pribadi bersama-sama dan menyediakan infrastruktur untuk penggunaan email, bulletin, penerimaan file, dokumen hypertext, basis data hingga sumber-sumber komputer lainnya.
    2.      Sejarah Dunia Internet
    Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, misalnya dalam satu kantor atau gedung. Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya.
    Pada awal diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer.
    Setelah angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer. Salah satunya adalah Universitas of California at Los Angeles (UCLA). Akhirnya tahun 1970 internet banyak digunakan di unversitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini. Agar para pengguna komputer dengan merek dan tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet. Namanya TCP (Transmission Control Protocol, bahasa Indonesianya Protokol Pengendali Transmisi)
    3.      Sejarah Internet di Indonesia
    Di Indonesia sendiri, internet merupakan media komunikasi yang mulai populer di akhir tahun 1990. Perkembangan jaringan internet di Indonesia dimulai pada pertengahan era 1990, namun sejarah perkembangannya dapat diikuti sejak era 1980-an. Pada awal perkembangannya, kehadiran jaringan internet diprakarsai oleh kelompok akademis/mahasiswa dan ilmuwan yang memiliki hobi dalam kegiatan-kegiatan seputar teknologi komputer dan radio.
    Pada tahun 1988, pengguna awal Internet di Indonesia memanfaatkan CIX (Inggris) untuk mengakses internet. CIX menawarkan jasa e-mail dan newsgroup hingga menawarkan jasa akses HTTP. Saat itu, pengguna Internet memakai modem 1200 bps dan saluran telepon internasional yang sangat mahal untuk mengakses Internet. Di tahun 1989, Compuserve (AS) hadir dan menawarkan jasa yang sama. Beberapa pengguna Compuserve memakai modem yang dihubungkan dengan Gateway Infonet yang terletak di Jakarta. Saat itu, biaya akses internet dengan Compuserve terbilang mahal, walaupun jauh lebih murah dari CIX.
    Kehadiran jaringan internet di Indonesia sendiri diawali perkembangan kegiatan amatir radio dengan berdirinya Amatir Radio Club (ARC) ITB pada tahun 1986. Menggunakan pesawat Transceiver HF SSB Kenwood TS430 dan computer Apple II, belasan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) seperti Harya Sudirapratama, J. Tjandra Pramudito, Suryono Adisoemarta dan Onno W. Purbo dibantu oleh Robby Soebiakto, pakar diantara para amatir radio, berhasil mengkaitkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS) merupakan jaringan e-mail store and forward yang berhubungan dengan server BBS amatir radio lainnya di seluruh dunia agar e-mail dapat berjalan dengan lancar. Robby Soebiakto meyakini bahwa masa depan teknologi jaringan komputer akan berbasis pada protocol TCP/IP. Karenanya, Ia membuat teknologi radio paket TCP/IP yang diadopsi oleh para rekannya di BPPT, LAPAN, UI, & ITB dan yang menjadi cikal bakal berdirinya jaringan internet yang bernama PaguyubanNet.
    Selain Robby Soebiakto, hadir pula Rahmat M. Samik-Ibrahim yang membangun jaringan Internet di Universitas Indonesia (UI). Muhammad Ihsan yang membangun jaringan komputer menggunakan teknologi radio paket band 70cm & 2m yang dikenal sebagai JASIPAKTA. Selain itu, ada juga Suryono Adisoemarta, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto hingga Onno W. Purbo yang juga memiliki peran penting pada awal pembangunan Internet di Indonesia sejak tahun 1992 hingga 1994.
    4.      Perkembangan Internet yang Terpenting
    a.       Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.
    b.      Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet. Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.
    c.       Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Timothy Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.

    5.      Local Area Network (LAN)
    Local area network memberikan fungsi pengiriman data melalui berbagai jenis jaringan fisik. Local area network beroperasi pada layer 1 (layer physical) dan 2 (layer data link) dalam model referensi OSI yang bekerja secara sinergi untuk melaksanakan tugas terbentuknya komunikasi data dengan design yang bagus dari environment jaringan anda. Untuk lebih jelasnya masalah referensi model OSI ini anda bisa baca lebih detil di artikel saya yang lain masalah model referensi OSI.
    Local area network (LAN) terdiri dari komputer, network interface card (NIC), networking medium, piranti pengendali traffic jaringan, dan piranti peripheral jaringan lainnya. LAN memungginkan suatu kantor bisnis yang menggunakan technology komputer untuk berbagi secara efficient seperti files, printer, dan memungkinkan komunikasi informasi seperti E-mail, telephone VoIP, Skype, dan lain-2.
    Local Area Network didesign untuk melakukan berikut ini:
    a.       Beroperasi dalam batasan area geografi
    b.      Memungkinkan semua user untuk mengakses media bandwidth lebar
    c.       Memberikan konektifitas full-time kepada layanan local
    d.      Menghubungkan piranti-2 yang berdekatan sebatas media kabel wireless
    Local area network terdiri dari infrastrucktur jaringan kecepatan tinggi di satu lokasi tunggal yang dipakai untuk mengirimkan data applikasi dan layanan data lainnya. Technology local area network yang dipakai secara luas adalah teknologi Ethernet dikarenakan murahnya budget yang dipakai; gampang digunakan dan mudah dalam perawatan serta kemampuannya untuk naik ke skala jaringan berkecepatan Gigabit.
    Piranti jaringan yang beroperasi pada layer 2 Data Link adalah Bridge; Switch dan ATM switch. Switch merupakan piranti switching yang murni bekerja pada layer 2 yang memungkinkan penggunaan bandwidth Ethernet lebih effisien. Piranti switch ini bisa melokalisasi dampak dari collision (tabrakan) data maupun contention data (data yang saling berebut jalan – yang saling salip dijalanan dua arah) dalam suatu jaringan. Hal ini bisa dicapai dengan cara mempelajari alamat piranti (MAC address) secara dinamis dalam local area network dan hanya menyampaikan datagram ke alamat piranti yang berhak menerima saja – sesuai alamat penerima kalau dalam surat tertulis. Bagaimana dengan Bridge? Bridge merupakan definisi aslinya dari fungsi yang bisa dilakukan oleh switch. Sementara ATM switch merupakan piranti ATM yang mempunyai kemampuan fungsi switch. Semenetara piranti local area network yang beroperasi pada layer 1 adalah Hub atau concentrator
    Untuk koneksi desktop computer gunakan switch minimum berkecepatan 100Mbps. Gunakan switch berkecepatan 1 Gigabit untuk koneksi server atau koneksi antar switch (uplinks). Switch harus mendukung command line untuk utilitas Telnet; yaitu management berbasis snmp, mendukung protocol spanning tree, mendukung Virtual LAN (VLAN), mendukung tuning protocol STP per VLAN, mendukung teknologi aggregation.
    VLAN bisa membuat jaringan bisa di buat segmentasi dengan mudah untuk alasan managemen ataupun alasan keamanan. VLAN juga memungkinkan LAN densitas tinggi dibangun menggunakan hardware switch yang sama. Beberapa switch dapat juga saling menghubungkan antar VLAN secara transparan dengan mengunakan protocol VLAN trunking.

    6.      Metropolitan Area Network (MAN)
    Pengertian Metropolitan Area Network (MAN),MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, area yang digunakan adalah dalam sebuah negara. MAN adalah jaringan yang menghubungkan pengguna dengan sumber daya komputer dalam suatu wilayah geografis atau wilayah yang lebih besar dari yang tercakup dalam jaringan LAN tetapi lebih kecil dari daerah yang dicakup oleh WAN. Istilah ini diterapkan pada interkoneksi jaringan di sebuah kota menjadi sebuah jaringan tunggal yang lebih besar (yang kemudian juga menawarkan koneksi yang efisien untuk WAN). Istilah ini juga dapat diartikan interkoneksi dari beberapa jaringan area lokal dengan menjembatani mereka dengan backbone lines. Universitas besar juga kadang-kadang menggunakan istilah MAN untuk menggambarkan jaringan mereka.
    Dalam hal ini jaringan komputer menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan LAN ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu: jaringan pada Bank (sistem Online Perbankan). Setiap bank tentunya memiliki kantor pusat dan kantor cabang. Di setiap kantor baik kantor cabang maupun kantor pusat tentunya memiliki LAN, penggabungan LAN – LAN di setiap kantor ini akan membentuk sebuah MAN. MAN biasanya mampu menunjang data teks dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel atau gelombang radio.
    Keuntungan MAN:
    a.       Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
    b.      Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contoh ATM Bank unluk wilayah nasional)
    c.       Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting
    dan Video Conference (ViCon).
    Kerugian MAN:
    a.       Biaya operasional mahal.
    b.      Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
    c.       Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting).


    7.      Wide Area Network (WAN)
    WAN adalah singkatan dari Wide Area Network yang berarti Jaringan Area Luas, berupa jaringan komputer yang mencakup area besar seperti antar negara atau bahkan benua, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN dimanfaatkan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer yang berada pada lokasi yang lain, dan juga dimanfaatkan untuk menghubungkan LAN antar lokasi.
    Kelebihan dari sistem jaringan WAN :
    a.       Memiliki sistem jaringan yang luas sehingga dapat mencapai Negara, benua, bahkan seluruh dunia.
    b.      Apabila terhubung dengan jaringan internet transfer file pada tempat yang saling berjauhan. Dapat di lakukan dengan cepat menggunakan email.
    c.       Dapat menghubungkan komputer pada suatu kawasan yang lebih luas hanya dalam waktu beberapa menit, tanpa perlu menyediakan sejumlah uang yang besar untuk membayar telepon
    Kekurangan dari sistem jaringan WAN : Jaringan WAN lebih rumit dan sulit dalam hal settingan dan alat-alat yang dibutuhkan sangatlah mahal. WAN memerlukan perbagai peralatan dan data sebelum jaringan setempat dan metropolitan berhubungan dengan komunikasi secara global dan antarabangsa seperti internet.
    Jarak jangkauan jaringan WAN sangatlah luas dapat mencapai seluruh wilayah negara atau bahkan benua, Jarak yang bisa ditempuh oleh suatu jaringan WAN berkisar pada 100 KM sampai dengan 1000 KM. Dan mempunyai kecepatan antara 1.5 Mbps sampai dengan 2.4 Gbps. perbedaan antara jaringan LAN, MAN, dan WAN :
    a.       LAN (Local Area Network)
    Digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam suatu perusahaan yang menggunakan peralatan secara bersama-sama dan saling bertukar informasi.
    b.      MAN (Metropolitan Area Network)
    Merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknology yang sama dengan LAN. MAN merupakan pilihan membangun jaringan antar kantor dalam suatu kota. 
    c.       WAN (Wide Area Network)
    Jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. Pada sebagian besar WAN, jaringan terdiri dari sejumlah banyak kabel atau saluran telephone yang menghubungkan jaringan satu dengan yang lain dengan media router.

    8.      Manfaat Internet
    Teknologi internet hadir sebagai sarana/media yang multifungsi. komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpersonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara massal yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Dengan adanya applikasi teleconference, internet dapat juga hadir secara real time audio visual seperti pada metode konvensional.Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, seperti :
    a.       Sebagai media interpersonal dan massa.
    b.      Bersifat interaktif.
    c.       Memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.
    Berikut adalah manfaat internet :
    a.       Manfaat internet dalam dunia pendidikan :
    §  Sarana informasi dimanapun dan kapanpun
    §  Mudah mendapatkan resource yang lengkap
    §  Meningkatkan learning outcomes baik dari segi kuantitas maupun kualitas
    §  Pelengkap media pembelajaran

    b.      Manfaat internet bagi masyarakat :
    §  Menambah wawasan masyarakat tentang perkembangan informasi dunia luar
    c.       Manfaat internet dalam dunia usaha :
    §  Mendapatkan peluang untuk menyediakan layanan internet (ISP), warung internet (warnet), VoIP (Voice over Internet Protocol), dsb
    d.      Manfaat internet dalam pemasaran barang dan jasa :
    §  Web dapat memantapkan kehadiran perusahaan didunia bisnis
    §  Web memberikan kesempatan kepada pengusaha untuk memasuki jaringan yang lebih global
    §  Web dapat menyediakan informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat secara luas
    §  Web dapat menjadi sarana menjual suatu produk atau sebagai tempat transaksi
    §  Web menjadi sarana untuk tanya jawab antara pelanggan dan perusahaan atau sering disebut dengan frequently asked question (FAQ)
    §  Membuka kemungkinan suatu perusahaan memasuki pasar international
    §  Web dapat dijadikan sebagai sarana media informasi, komunikasi dan publikasi suatu produk.
    Ø  Kemudahan bagi pelanggan atau pencari jasa dengan adanya internet :
    1)      Katalog produk secara elektronik
    2)      Komunikasi pertukaran informasi antara satu pelanggan dengan pelanggan yang lain
    3)      Mempermudah pencarian produk
    4)      Transaksi secara elektronis
    5)      Penghematan waktu dan biaya dalam membeli barang
    6)      Sumber informasi updet barang atau jasa, dsb.
    e.       Manfaat internet dalam pemerintahan :
    §  E-goverment, dengan ini dapat membantu perkembangan suatu daerah, dapat mempresentasikan kekayaan daerahnya lewat internet agar dunia luar tahu kekayaan daerahnya, dapat menyediakan transfer informasi dari pemerintah kepada pihak lain, misalnya masyarakat.

    1.2.   Mendeskripsikan Fungsi Perangkat Keras Yang Digunakan Untuk Akses Internet
    A.    Perangkat Keras Internet
    Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer  yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
    Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagai berikut:
    §  Processor minimal pentium III 500Mhz
    §  RAM 64 MB
    §  VGA card 4 MB
    §  Sound card dan multimedia
    §  CD-ROM / CD-ROM Drive
    §  Harddisk minimal 10 GB
    §  Monitor SVGA
    §  Printer Desk Jet
    §  Scanner (jika perlu)
    Jika memungkinkan hardware yang digunakan memiliki spesifikasi high-end, seperti:
    §  Pentium 4 (3GHz)
    §  RAM 512MB
    §  Hard disk 60 GB
    §  VGA Card 256 MB
    §  CD-RW
    §  Monitor Samsung synMaster 1200NF Liquid Crystal Display (LCD)
    §  USP
    §  Printer Laser

    o   Modem
    Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator (MODEM). Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, modem adalah alat komunikasi dua arah yang memodulasi data dari listrik ke dalam gelombang elektromagnetik sehingga dapat dikirim melalui udara.
                Modem terdiri atas 2 macam, yaitu eksternal dan internal. Modem eksternal berada diluar Central Processing Unit (CPU) sehingga mudah untuk dibawa dan dipindahkan. Modem internal adalah modem yang berada di dalam CPU, bentuknya seperti kartu yang ditancapkan pada slot AGP atau slot PCI.
                Saat ini terdapat model on board sehingga tidak dapat diganti atau dicabut. Pemilihan modem harus didasarkan pada beberapa pertimbangan, seperti:
    1.      Kecepatan transmisi: sekurang-kurangnya dapat melayani volume data yang dikirim dan kecepatan yang memadai.
    2.      Turn around time: proses dua arah dan pengubahan data dalam pengiriman dan penerimaan.
    3.      Error susceptibility: daya tahan terhadap error, hang, dan kesalahan yang dapat menimbulkan masalah dalam pengiriman dan pengambilan data dari internet.
    4.      Biaya: dana yang tersedia untuk pembelian alat tersebut.
    Jika modem sudah terpasang di komputer, komputer dapat melakukan hubungan dengan server, penyadia jasa internet (ISP) atau dengan client ditempat lain yang sama-sama menggunakan jasa internet (ISP).
    Kecepatan modem minimal 56 KB/detik. Semakin tinggi kecepatan modem akan semakin nyaman karena akses data semakin cepat sehingga akses internet tidak menjemukan.
    Saluran telepon merupakan merupakan saran berikutnya. Jaringan telepon di rumah nantinnya akan disambungkan melalui modem, baik modem eksternal maupun modem internal. Saat ini juga dapat menggunakan telepon seluler dan hampir penyedia jasa telepon seluler sudah menyediakan jasa internet.
    Jika komputer dalam bentuk jaringan maka diperlukan beberapa tambahan alat yang diperlukan seperti : kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), konektor kabel RJ 45, Wreles (untuk yang tanpa kabel), ethernet card bisa berupa AGP atau PCI, dan hub atau switching.

    o   Hub atau Switching
    Hub berfungsi untuk menghubungkan dua komputer atau lebih. Hub hanya dibutuhkan jika kita membangun jaringan dengan menggunakan kabel UTP, jika kita menggunakan kabel koaksial maka hub tidak diperlukan. Dengan hub maka koneksi antara satu computer dengan yang lain menjadi mudah karena tinggal memasukkan konektor RJ 45 ke dalam port-port hub.
    Kecepatan transmisi data saat ini sudah dapat mencapai 100 Mb/detik. Saat ini banyak tersedia hub dengan beberapa jumlah port seperti, 4, 10, 12, dan 24.
    o   Repeater
    Repeater diperlukan untuk menjaga agar proses support berjalan stabil dan tidak mengalami degradasi dalam jarak tertentu. Dengan pemasangan repeater maka sinyal-sinyal dapat ditangkap sesuai dengan keinginan. Jadi, repeater seperti travo step up pada proses pengiriman arus listrik dijaringan PLN, sehingga untuk jaringan terbatas dan skala dalam satu ruangan repeater tidak diperlukan karena biasanya sinyal belum mengalami pelemahan.
    o   Bridge
    Perangkat keras yang lain adalah Bridge, alat yang bertugas untuk mengirimkan paket-paket data. Bridge mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan hub atau switch karena bridge mampu membagi-bagi traffic ke segmen-segmen dengan sistem filtering traffic.
    o   Router
    Router sering digunakan untuk menghubungkan user-user LAN dengan koneksi internet yang memiliki fungsi untuk routing  atau memilih rute yang terbaik dalam jaringan. Dibandingkan dengan bridge maka router jauh lebih mahal, karena fungsinya yang lebih kompleks dan dapat berfungsi sebagai gateway, sehingga router dapat dapat mengkoneksikan jaringan-jaringan yang berbeda-beda.
    Setelah semua perangkat keras (hardware) mencukupi, selanjutnya adalah software operasional internet. perangkat yang diperlukan sistem operasi windows mulai dari windows 95, windows 98, windows 2000, sampai windows XP dan yang kedua adalah browser, seperti: internet Explorer, Mozilla, Opera, dan FireFox. Untuk mempermudah pencarian situs-situs di internet diperlukan search engine seperti: Yahoo, Google, dan Altavista.




    B.     Istilah-Istilah Dalam Internet

    No
    Istilah
    Kegunaan
    1
    Access
    Kegiatan mengambil atau menuyimpan dari internet ke komputer kita
    2
    Alias
    Nama lain di dalam halaman internet (nickname) misalnya sengan melakukan chatting
    3
    Attachment
    Fasilitas untuk melampirkan surat dalam email
    4
    Bandwidth
    Kapasitas dan kecepatan jaringan untuk transfer data
    5
    Browser
    Aplikasi yang digunakan untuk mengakses internet seperti: Internet explorer dan Mozilla
    6
    Chatting
    Ngobrol di internet
    7
    Cyberspace
    Dunia maya internet yang tidak dibatasai oleh batas-batas wilayah Negara, samudra atau benua
    8
    Client
    Komputer pemakai jasa internet
    9
    Dial Up
    Menghubungkan computer dengan internet melalui telepon
    10
    DNS
    Domain Name System adalah sistem yang digunakan untuk member nama alamat URL
    11
    Domain
    Kelompok jaringan yang diorganisasi menjadi satu kesatuan
    12
    Download
    Proses pengkopian/ penyalinan dari web ke komputer
    13
    E-Mail
    Mengirimkan surat elektronik
    14
    Ethernet
    Standar perangkat Local Area Network (LAN) mengenai system jaringan dan spesifikasinya
    15
    FTP
    File Transfer Protocol adalah aturan yang mengatur cara untuk upload atau download halaman internet.
    16
    Gateway
    Hardware yang memungkinkan informasi untuk berpindah daam suatu jaringan
    17
    GIF
    Graphic Interchange Format) adalah format grafik yang digunakan dalam halaman internet
    18
    Hyperlink
    Hubungan, koneksi yang memungkinkan satu file dengan file, atau satu halaman dengan halaman lain di internet
    19
    Homepage
    Halaman muka suatu web site
    20
    Host
    Daerah yang masih dipengaruhi oleh sinyal yang dipancarkan oleh radio pemancar sinyal internet
    21
    HTML
    Hypertext Markup Language adalah tata cara penulisan/ format yang digunakan dalam dokumen web
    22
    HTTP
    Hypertext Transfer Protocol adalah halaman protocol yang digunakan untuk bertukar informasi
    23
    Intranet
    Jaringan computer dalam lingkungan terbatas
    24
    Upload
    Memasukkan website ke halaman internet
    25
    IP
    Internet Protocol paket-paket informasi yang ada pada halaman internet
    26
    IRC
    Internet Relay Chat adalah sebuah bahasa program chatting
    27
    ISP
    Internet Service Provider adalah penyedia jasa internet
    28
    JPEG
    Joint Photographic Experts Group adalah format gambar yang digunakan dalam halaman internet
    29
    LAN
    Local Area Network adalah jaringan komputer terbatas seperti gedung, perkantoran dan sekolah
    30
    Log in/ Sign In
    Masuk ke dalam halaman internet
    31
    Log out/Sign out
    Keluar dari halaman internet
    32
    Mailing List
    Daftar alamat E-mail
    33
    Modem
    Modulator Demodulator adalah pengubah dari data analog ke data digital atau sebaliknya
    34
    Off Line
    Memutus hubungan dengan internet
    35
    On Line
    Tersambung dengan halaman internet
    36
    Proxy Server
    Alat yang menjebatani computer dengan internet, computer server dengan computer client
    37
    Router
    Alat dalam jaringan yang berfungsi untuk memilih jaringan terbaik dalam proses pengiriman data
    38
    Search Engine
    Mesin pencari/ situs yang berguna untuk membantu sesuatu yang dicari dalam internet. Mesin pencari yang sering digunakan Yahoo, Google, MSN, dan lain-lain
    39
    Server
    Bagian jaringan yang mensuplai informasi ke pengguna internet
    40
    Website
    Alamat di internet yang menyediakan jasa informasi di WWW
    41
    SPAM
    File-file sampah atau file-file yang tidak berguna atau kirimannya secara berulang-ulang
    42
    TAG
    Jenis teks yang ada pada program HTML
    43
    Refresh
    Memperbaharui / memasukkan tampilan halam web
    44
    URL
    Universal Resource Locator adalah alamat-alamat dokumen yang ada pada halaman website
    45
    WAN
    Wide Area Network adalah jaringan computer dalam area yang lebih luas, WAN merupakan gabungan beberapa LAN
    46
    Web
    Fasilitas yang dapat menampilkan dara, grafik, gambar melalui internet
    47
    Web Page
    Halaman web yang merupakan bagian dari web
    48
    Wireless Koneksi
    Internet tanpa dengan kabel host
    49
    WWW
    World Wide Web adalah dikenal juga dengan nama Web yaitu jaringan yang membentuk format HTML, sehingga memungkinkan antar pengguna jasa internet di seluruh penjuru dunia saling berinteraksi



    1.3.   Deskripsi  Peran  Internet  Service  Provider (ISP)
    A.  Cara  Memilih  ISP
    Langkah selanjutnya untuk memasuki dunia internet adalah berlangganan internet melalui penyedia jasa internet atau dikenal sebagai Internet Service Provider (ISP). Sekarang banyak sekali penyedia layanan jasa internet (ISP), seperti: 
    1.      Asia Pasific Internet Company (http:/ /www.apic.net.id),
    2.      Centrin Internet (http:/ /www.centrin.net.id),
    3.      PT. Multimedia Indonesia (http:/ /www.metra.net.id),
    4.      PT. Satelindo Mitra Lintas (http:/ /www.sistelindo.net.id),
    5.      PT. Indosat (http:/ / www.indosat.net.id),
    6.      PT. Exel Comindo Pratama (http:/ / www.indosat.net.id)
    7.      PT. Metrodata Electronics Tbk (http:/ / www.metro.net.id)
    8.      PT. Telekomunikasi Indonesia (http:/ / www.telkom.net.id)
    9.      PT. Indo internet Indonesia (http:/ / www.netura.net.id)
    10.  RADNET (http:/  / www.rad.net.id)
    Cara memilih ISP internet service provider terbaik– Memilih internet service provider ( ISP ) terbaik berarti membandingkan beberapa perusahaan provider yang berbeda. Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan mutlak ada berbagai manfaat internet yang bisa dirasakan saat ini, dan untuk memilih isp terbaik Pertama mungkin harus memutuskan antara broadband dan layanan Internet dial-up, yang dapat membantu mempersempit daftar yang ada. Kemudian mungkin perlu membandingkan ISP lokal berdasarkan kecepatan koneksi yang mereka tawarkan. Harga kemungkinan akan menjadi pertimbangan penting juga. Pada akhirnya, dapat membuat pilihan akhir dengan memilih ISP lokal yang menawarkan jenis layanan yang diinginkan, kecepatan tertinggi mungkin, dan harga terendah.
    Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ISP, agar akses internet tidak mengalami gangguan adalah.
    1.      Kapasitas bandwidth
    2.      Kapasitas jaringan,
    3.      Akses pulsa lokal.
    4.      Kehandalan dan keamanan jaringan
    Kapasitas bandwidth adalah kemampuan mengirim dan menerima data sehingga proses akses tidak terhambat, jika ISP yang dipilih kapasitas bandwidthnya rendah maka proses akses tidak terhambat, jika ISP yang dipilih kapasitas bandwidthnya rendah maka proses akses computer menjadi lambat dan membosankan.
    Kapasitas Jaringan adalah rasio jaringan yang disediakan dengan jumlah pelanggaannya. Jika rasio jaringan dengan penggunaan ISP tinggi maka akan mempengaruhi kecepatan akses.
    Penggunaan pulsa lokal relatif lebih murah daripada menggunakan biaya pulsa luar negeri.
    Kehandalan dan keamanan Jaringan. Juga merupakan hal penting dalam operasional komputer. Saat, mengoperasikan computer, sangat mungkin terjadi gangguan yang menyebabkan terjadinya error jaringan. Hal ini dapat dikarenakan cuaca atau sebab lain yang sering terjadi, seperti seringnya mengirim data-data penting melalui internet. Kenyataan ini menuntut kehandalan dan keamanan jaringan yang baik.
    Anda dapat memilih ISP dengan cara dibawah ini :
    Langkah pertama dalam memilih ISP terbaik dapat belajar jenis-jenis layanan internet yang tersedia untuk anda. Tergantung di mana anda tinggal, anda mungkin memiliki berbagai pilihan untuk mendapatkan layanan Internet. Sebagai contoh, anda mungkin memiliki layanan dial-up di daerah Anda serta internet broadband yang ditawarkan oleh kabel, digital subscriber line (DSL), dan penyedia satelit. Setelah anda menentukan apa yang tersedia secara lokal, Anda kemudian dapat melanjutkan untuk memilih jenis layanan yang anda suka.
    Secara umum, kebanyakan orang lebih memilih internet broadband dial-up, sebagai layanan broadband menyediakan koneksi Internet selalu-ada. Seringkali, mendapatkan di internet dengan layanan broadband adalah yang sederhana seperti membuka browser web. Dengan layanan dial-up, bagaimanapun, seseorang harus memiliki nomor akses lokal dan memungkinkan komputer modem untuk dial untuk terhubung ke Internet. Hal ini hanya dapat berlangsung beberapa menit, tetapi mungkin tampak terlalu lama jika Anda ingin koneksi instan tersedia dengan broadband. Selain itu, anda biasanya dapat menggunakan Internet dan berbicara di telepon pada saat yang sama ketika anda memiliki layanan broadband.
    Kecepatan merupakan pertimbangan tambahan bila anda memilih ISP lokal. Umumnya, layanan broadband menyediakan kecepatan Internet tercepat, namun kecepatan mungkin berbeda dari layanan untuk layanan. Dengan demikian, anda dapat melakukannya dengan baik untuk membandingkan kecepatan yang ditawarkan oleh penyedia layanan lokal yang menawarkan jenis layanan yang anda inginkan. Internet dial-up biasanya secara signifikan lebih lambat dari layanan broadband. Jika anda hanya menggunakan Internet kadang-kadang, bagaimanapun, atau anda tidak terlalu peduli dengan kecepatan, anda masih dapat memutuskan bahwa layanan dial-up memenuhi kebutuhan anda.
    ISP lokal juga dapat bervariasi dalam hal harga yang mereka tawarkan untuk layanan. Internet dial-up biasanya lebih murah dari pada broadband. Jika Anda berbelanja di sekitar dan membandingkan lokal dial-up provider, anda mungkin dapat untuk mengamankan layanan dial-up untuk tingkat bulanan yang hanya sebagian kecil dari tingkat broadband rata-rata. anda bisa, bagaimanapun, juga menemukan harga yang kompetitif di antara penyedia layanan broadband lokal. Seringkali, ISP lokal juga akan memberikan tawaran pengantar yang membuat layanan broadband lebih terjangkau. Ingatlah untuk melihat tarif bulanan reguler, namun, sebagai harga perkenalan hanya akan berlaku untuk jangka waktu singkat.
    B.     Telkomnet Instan
    Salah satu  ISP yang instan tanpa berlangganan yaitu Telkom, yang menyediakan telkomnet@instan. Dalam menggunkan telkomnet@instan, biaya pemakaian jasa internet dihitung berdasarkan pulsa telepon dan langsung dimasukkan ke dalam rekening tagihan telepon. Menggunakan Koneksi Telepon Dial Up dengan kecepatan yang dapat dicapai hingga 56 kbps, dan standar modem v9.1 atau v9.2 yang menuju jalur RS-232 pada computer Untuk dapat menggunakan telkomnet@instan, isilah username dengan telkomnet@instan, kemudian isi password dengan Telkom dan nomor dialnya, yaitu 080989999. Biayanya sangat murah, apalagi ketika hari libur.
    Keuntungan TELKOM adalah:
    1.      Ekonomis: Tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran dan biaya bulanan. Anda hanya dikenakan tagihan Internet jika menggunakannya.
    2.      Cepat: Didukung oleh akses 56Kbps protokol V.90, backbone TELKOMNet dan gateway asimetrik yang sangat sesuai dengan sifat Internet di Indonesia.
    3.      Lengkap: disediakan Email Nasional gratis, berbasis web 10 MBytes serta berbasis POP3 4 MBytes (dengan domain telkom.net, layanan POP3 telkom.net hanya bisa diakses dari jaringan/network Telkom/Telkomnet Instan).
    4.      Terbuka: Kami sediakan ruang ngobrol dalam WEBFORUM di sini.
    Komunitas Terbanyak: memiliki jumlah pelanggan terbesar di Indonesia dan kaya akan muatan internet.
    5.      Ada di mana-mana: Saat ini Telkomnet Instan telah hadir di 1.050 Kabupaten dan Kotamadya di seluruh Indonesia. Anda juga dapat melihat melihat peta Cakupan Telkomnet Instan di seluruh Indonesia di sini.
    Ada juga cara lain yakni menggunakan BroadBand, yaitu internet denga TV Cable. Kapasitas broadband jauh lebih cepat dibandingkan dengan telepon biasa. Salah satu penyedia jasa broadband internet adalah Kabelvision. Selain itu, juga dapat dilakukan melalui layanan Speedy dari Telkom.
    Saat ini berkembang teknologi Nirkabel (wireless) atau CDMA dengan saluran  telepon seluler. Untuk itu, kita dapat menggunakan ISP seperti: Flexi, Esia, Fren, dan Xl. Sistem pembayaran akan dibebankan pada pulsa nomor HP yang digunakan.

    1.4.   Mendeskripsikan User ID dan Password
    A.       User ID dan Password
              User adalah pengunaan computer, sedangkan ID adalah identitas. User ID adalah identitas pengguna computer. User ID merupakan nama, nomor identitas yang dimiliki dan yang berhak untuk menggunakan computer. Biasanya pemberian nama ID dalam internet menggunakan nama-nama yang unik. Contohnya jika menggunakan situs plasa, kita memiliki e-mail dengan nama sadimanSmaPlus@plasa.com. Jika menggunakan mesin pencari Yahoo, ditulis namauser@yahoo.com dan sebagainya.
              User ID atau user name merupakan serangkaian huruf yang merupakan tanda pengenal untuk masuk dan mengakses internet. Apabila kita sudah mendaftarkan diri ke ISP maka secara otomatis akan diberikan user ID dan password yang digunakan untuk mengakses internet. Password merupakan serangkaian huruf atau angka yang merupakan sandi untuk dapat mengakses internet. Password bersifat rahasia, sehingga kita tidak diperkenankan memberitahukanya kepada orang lain.ketika pengguna memasukan password, maka yang terlihat pada tampilan komputer hanya berupa karakter bintang(*)sehingga tidak akan terbaca dalam bentuk angka maupun tulisan.Search engine/mesin pencari juga menyediakan kata bantu apabila user/pengguna lupa akan passwordnya.
              Password adalah keamanan yang sangat penting di dalam komputer, jadi setiap komputer yang menggunakan password pasti akan lebih aman dari tangan-tangan jahil.
    Adapun syarat-syarat untuk menggunakan password yaitu :
    1.      Gunakanlah password yang panjang minimal 8 karakter di campur dengan angka dan huruf besar dan kecil.
    2.      Pada saat login jangan parlihatkan tangan waktu mengetik password pada orang di sekeliling anda.
    3.      Ingatkanlah selalu pasword anda jangan sampai lupa password anda.

    B.      Domain Name Service (DNS)
    DNS adalah suatu bentuk database yang terdistribusi, dimana pengelolaan secara lokal terhadap suatu data akan segera diteruskan ke seluruh jaringan (internet) dengan menggunakan skema client-server. Suatu program yang dinamakan name server, mengandung semua segmen informasi dari database dan juga merupakan resolver bagi client-client yang berhubungan ataupun menggunakannya.
    Struktur dari database DNS bisa diibaratkan dengan dengan struktur file dari sebuah sistem operasi UNIX. Seluruh database digambarkan sebagai sebuah struktur terbalik dari sebuah pohon (tree) dimana pada puncaknya disebut dengan root node. Pada setiap node dalam tree tersebut mempunyai keterangan (label) misalnya, .org, .com, .edu, .net, .id dan lain-lainnya, sampel penggunaan pada  www.aceh-id.com yang relatif rerhadap puncaknya (parent).Ini bisa diibaratkan dengan relative pathname pada sistem file UNIX,seperti direktori bin, usr, var, etc dan lain sebagainya. Pada puncak root node dalam sebuah sistem DNS dinotasikan dengan ”.” atau ”/” pada sistem file UNIX.
    Pada setiap node juga merupakan root dari subtree, atau pada sistem file UNIX merupakan root direktori dari sebuah direktori. Hal ini pada sistem DNS disebut dengan nama domain. Pada tiap domain juga memungkinkan nama subtree dan bisa berbeda pula, hal ini disebut subdomain atau subdirektori pada sistem file UNIX. Pada bagian subdomain juga memungkinkan adanya subtree lagi yang bisa dikelola oleh organisasi yang berbeda dengan domain utamanya.

    Sistem Penamaan Domain ; SNR (bahasa Inggris: (Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.
    DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).
    C.    Hirarki DNS
    Semua data DNS diurutkan dengan nama atau domain tertentu yang berakhir an sesuai dengan bidang masing-masing. Berikut domain-domain yang digunakan.
    1.      .com bidang komersial
    2.      .edu bidang pendidikan
    3.      .gov bidang pemerintahan
    4.      .mil bidang militer
    5.      .net penyedia jasa network
    6.      .org organisasi nonkomersial
    7.      .int organisasi internasional
    Sekarang pengembangan domain mengarah pada letak geografis. Misalnya, untuk wilayah Indonesia menggunakan id, untuk Amerika Serikat menggunakan us, untuk Malaysia mengguunakan my, untuk singapura menggunakan si,dan seterusnya.

    o   Kelebihan, Kekurangan, dan Konsep Hirarki DNS
    1.    Fungsi DNS
    Fungsi utama dari sebuah sistem DNS adalah menerjemahkan nama-nama host (hostnames) menjadi nomor IP (IP address) ataupun sebaliknya, sehingga nama tersebut mudah diingat oleh pengguna internet. Fungsi lainnya adalah untuk memberikan suatu informasi tentang suatu host ke seluruh jaringan internet. Menyediakan keluwesan untuk kegagalan computer. Beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain. Tepatnya tiga belas server akar (root server) digunakan oleh seluruh dunia.

    2.      Kelebihan dan Kekurangan DNS 
    a.       DNS mudah untuk di implementasikan di protocol TCP/IP 
    b.      DNS server mudah untuk di konfigurasikan (bagi admin) 
    c.       User tidak lagi di repotkan untuk mengingat IP address 
    d.      DNS tidak mudah untuk di implementasikan 
    e.       Tidak konsisten 
    f.       Tidak bisa membuat banyak nama domain


     1.5.   Setup Modem Dan Dial Up
    A.    Setup Modem
    Langkah untuk mensetting modem pada prinsipnya sama. Langkah-langkah yang dicontohkan disini merupakan cara setting modem untuk Windows XP.
    1.      Klik tombol start.
    2.      Pilih control panel.
    3.      Pilih phone and modem.
    Setelah langkah di atas dijalankan akan tampil dialog Phone and Modem Option. Dalam setup ini ada 3 pilihan, yaitu Dialing Rules, Modem, dan Advanced.
    Dialing rules: untuk mengatur lokasi, Negara Indonesia misalnya memiliki kode area 074
    Modems: untuk mengatur kapasitas modem
    Advance: untuk mengatur jenis saluran
    Untuk mengatur modem maka langkah selanjutnya adalah memiih modem.
    4.      Klik modem, sehingga muncul dialog modem
    5.      Klik pada komentar Don’t detect my modem; I will select it from a list, sehingga bertanda ceklist ().
    6.      Klik Next.
    Setelah langkah [6] akan tampil dialog mengenai modem yang terpasang pada komputer yang digunakan.
    7.      Pilih salah satu kemampuan modem yang terpasang misalkan Standar 19200 kbps.
    8.      Klik
    Tunggu beberapa saat komputer sedang mensetup kapasitas modem, dan setelah pengecekan dan setup selesai maka akan muncul dialog.
    9.      Klik finish
    Proses setup modem sudah selesai dan akan ditampilkan ukuran dari modem yag baru saja disetup.
    Jika Windows yang anda gunakan adalah windows 98, maka unuk mensetup modem ada pada Control panel. Di dalam control panel ada  ikon modem, caranya adalah Klik 2 kali pada modem maka akan muncu. Dialog mengenai setup modem, dengan mengikuti langkah-langkah dan petunjuk yang ada setiap perintah yang dilakukan.
    B.     Dial Up Telepon
    Langkah selanjutnya untuk memasuki dunia internet adalah mengkoneksikan komputer kehalaman internet melalui saluran telepon. Kita akan setup dial telepon dengan menggunakan telkomnet@instan, karena dengan telkomnet@instan kta dapat melakukan koneksi internet di rumah sendiri denga biaya sesuai dengan pulsa telepon.
    Langkah untuk dial dengan telepon adalah sbagai berikut:
    1.      Klik Start.
    2.      Pilih program.
    3.      Pilih accessories.
    4.      Pilih New Connection Wizard
    Langkah [1] sampai [4] bukan langkah baku, artinya tergantung pada setting komputer yang digunakan, yang paling penting anda mengetahui dimana posisi New Connetion Wizard. Maka akan muncul dialog New Connection Wizard.
    Disitu akan muncul 3 pilihan, yaitu Connect to the Internet, Connect to a private network, such as you workplace, dan Set up a home or small office network.

    Connect to the internet: Mengkoneksi komputer ke internet.
    Connect to a private network, such as you workplace: mengkoneksi komputer ke jaringan dalam workstation.
    Set up a home or small office  network: mengkoneksi komputer ke jaringan terbatas.
    Karena akan menggunakan sambungan telepon agar tersambung ke internet maka kita memilih pilihan pertama, yaitu Connect to the Internet. Atau ikuti langkah berikut.
    5.      Klik Connect to the internet.       
    6.      Klik Next, sehingga akan muncul dialog selanjutnya
    Ada beberapa pilihan untuk melakukan hubungan ke ISP (Internet Service Provider), yaitu Choose from a list of internet service provider (ISPs). Setup my connection manually, dan Use the CD I got from ISP.
    Choose from a list of internet serviceproviders (ISPs): memilih dari daftar list yang ada.
    Setup my connection manually: memilih secara manual.
    Use the CD I got from an ISP: memilih dari CD yang dimiliki.
    7.      Klik setup my connection manually.
    8.      Klik Next, sehingga muncul dialog.
    Dari tampilan yang ada juga ada 3 pilihan yang dapat kita lakukan, yaitu Connect using a dial-up modem, connect using a broadband connection that requires a user name and password, da Connect using a broadband connection that is always on.
    9.      Pilih Connect using a dial-up modem, karena kita akan melakukan hubungan melalui modem, akan muncul dialog pemilihan modem.
    10.  Pilih setup modem yang kita miliki misalkan modem standar 19200 bps modem [COM1].
    11.  Klik Next
    Selanjutnya akan muncul Internet Servis Provider (ISP) yang akan kita gunakan, perlu diingat bahwa ISP yang digunakan disini adala ISP Telkom, dengan nama telkomnet@instan dengan password Telkom, nomor dialnya adalah 080989999. Anda dapat menghafalkan atau mencatat ketiga hal ini untuk dipraktekan dalam langkah selanjutnya.
    Jika dialog connection name sudah muncul maka ketik ISP yang digunakan.
    12.  Ketik telkomnet@instan.
    13.  Klik Next.
    14.  Masukkan nomor dial atau nomor telepon 080989999
    15.  Klik Next.
    Selanjutnya akan muncul user name, atau nama pemakai dan password. Karena kita bergabung dengan telkomnet@instan maka user name yang digunakan juga telkomnet@instan, sedangkan paswordnya adalah Telkom, dengan konfirmasi telkom. Atau untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut.
    16.  Pada User name ketik telkomnet@instan.
    17.  Pada password ketik Telkom.
    18.  Dan Confrim password ketik Telkom.
    19.  Klik Next.
    Komentar telah diselesaikan dan proses setup dial pun selesai. Jika kita akan menampilkan ikon dial pada desktop maka klik pada Add a shortcut to this connection to my desktop.
    20.  Klik pada Add a shortcut to this connection to my desktop.
    21.  Klik Finish.
    Maka proses ini telah berakhir dan jika akan mengadakan hubungan ke internet tinggal memilih ikon yang telah dibuat pada desktop. Atau jika kita ingin mengaktifkan dari Start maka caranya.
    22.  Klik menu Start
    23.  Klik pada bagian setting.
    24.  Pilih Network Connection.
    25.  Pilih Tekomnet@instan, sehingga tampil dial.
    26.  Klik Dial.
    Tunggu beberapa saat maka komputer akan terhubung ke halaman internet explorer, dan sekarang Anda sudah berada didunia internet dan siap untuk berselancar mengarungi dunia maya cyberspace yang tanpa batas.



    BAB III
    PENUTUP
    A.    Kesimpulan
    Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat ditahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
    Perangkat keras untuk Internet, secara umum komputer terhubung dengan Internet menggunakan perangkat keras yang terdiri antara lain: modem,saluran telepon dan ISP perangkat-perangkat tersebut dapat menyambungkan kita kedalam Internet karena di semua alat tersebut membantu komputer dengan adanya sinyal yang dapat menyambung ke Internet.

    B.     Saran
    Kritik dan saran yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi perbaikan dan kesempurnaan makalah kami.
    Jadikanlah makalah ini sebagai sarana yang dapat mendorong para siswa-siswi berfikir aktif dan kreatif.


    DAFTAR PUSTAKA

    0 Comment blog vaenggg :

    Posting Komentar