• About
  • Parent Page
  • Archives
  • Uncategorized
  • Kelas X



    EKONOMI

    1.     Bagaimana dampak derasnya arus globalisasi terhadap sistem ekonomi yang berlaku di dunia?
    2.    Apa saja antisipasi yang bisa dilakukan Indonesia terkait dengan tantangan perekonomian pada era global?
    JAWABAN
    1.     Globalisasi ekonomi adalah kehidupan ekonomi global yang bersifat terbuka dan tidak mengenal batas kewilayahan antara daerah satu dengan daerah yang lain. Dampak globalisasi terhadap ekonomi adalah munculnya pasar bebas. Sikap suatu negara dalam hal ini tidak boleh menutup diri dengan masuknya arus pasar bebas ke negaranya. Tetapi harus membuka diri dalam menerima hal tersebut dengan menyaring produk yang benar-benar bermanfaat bagi negara. Dengan masuknya produk-produk asing tersebut, suatu negara juga harus mengimbangi antara produktifitas atau penjualan produk asli dari negara tersebut dengan produk luar negeri. Pemerintah sebaiknya harus berusaha agar produk dalam negeri juga banyak diminati oleh masyarakat. Sistem perekonomian juga harus disesuaikan dengan sistem ekonomi global, yang kini mengarah pada sistem liberalisasi sehingga semua orang bebas untuk berusaha dimana saja dan kapan saja di dunia ini serta sebagai cara agar dapat mencapai standar hidup yang lebih tinggi.

    Dampak positif :
    a.    Dari aspek kreatifitas dan daya saing dengan semakin terbukanya pasar untuk produk-produk ekspor maka diharapkan tumbuhnya kreatifitas dan peningkatan kualitas produksi yang disebabkan dorongan untuk tetap eksis ditengah persaingan global, secara natural ini akan terjadi manakala kesadaran akan keharusan berinovasi muncul dan gilirannya akan menghasilkan produk dalam negeri yang berkualitas dan handal.
    b.    Dapat memperoleh akses dana atau modal yang lebih banyak dan teknologi yang lebih baik.
    c.    Menimbulkan persaingan untuk maju dan berkembang.
    Dampak negatif :
    a.    Menimbulkan persaingan yang tidak sehat.
    b.    Munculnya monopoli.
    c.    Sektor keuangan semakin tidak stabil.
    d.    Terjadinya kesenjangan ekonomi.
    e.    Dapat menghambat pertumbuhan sektor industri. Negara-negara maju semakin dominan dalam sektor industri, sedangkan negara miskin atau berkembang, sektor industrinya menurun.



    2.    Antisipasi yang bisa dilakukan Indonesia terkait dengan tantangan perekonomian pada era global, yaitu :
    a.    Menyesuaikan sistem ekonomi Indonesia dengan sistem ekonomi global.
    b.    Mempersiapkan landasan ekonomi yang kuat, karena terpuruknya perekonomian Indonesia disebabkan struktur ekonomi yang bergantung pada luar negeri.
    c.    Mengatur tarif bea ekspor dan bea impor suatu barang.
    d.    Meningkatkan kreatifitas atau kualitas sumber daya manusia, karena kemampuan sumber daya manusia Indonesia masih terendah diantara negara-negara ASEAN.
    e.    Meningkatkan daya saing produk dalam negeri dalam menghadapi perdagangan bebas sehingga produk tersebut mampu bersaing dengan produk impor. 

    0 Comment blog vaenggg :

    Posting Komentar